Bagaimana Operasi Gagal Ginjal itu

0
15.14




Gagal Ginjal ,- Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring pembuangan elektrolit dalam tubuh kita, kemudian menjaga keseimbangan cairan dan zat-zat kimia dalam tubuh seperti kalium dan sodium dalam darah atau memproduksi urine/air seni. Fungsi dari ginjal ini sendiri terkadang memiliki penurunan kinerja bahkan samasekali tidak mampu bekerja yang mana kita sering menyebutnya dengan Gagal Ginjal.

Penyakit Gagal Ginjal ini merupakan suatu kondisi dimana ginjal gagal menjalankan fungsi yang mana fungsinya hanya 15% sebagai mana biasanya. Dan gagal ginjal ini merupakan stadium akhir dari penyakit ginjal kronik. Sedang prefalensi gagal ginjal di negara ini sekitar 7% meskipun belum terdapat data yang akuran mengenai jumlah penderita gagal ginjal namun diperkirakan sekitar 10.000 orang dilihat dari jumlah pasien yang melakukan terapi pengganti. Tujuannya untuk mendukung fungsi ginjal pasien yang hanya berfungsi tinggal 15% yang mana hal ini tidak akan mencukupi untuk menopang kegiatan sehari-hari penderita, Jalan keluarnya bisa terapi ginjal berupa Cuci Darah atau Transpalasi Ginjal.

Akan tetapi dalam melakukan Transpalasi Ginjal tidak dapat semudah itu, terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan untuk menentukan persiapan Operasi Transpalasi ginjal tersebut yang diantaranya yaitu :
  1. Pemeriksaan Fisik.
  2. Pemeriksaan Darah.
  3. Pemeriksaan Jantung.
  4. Pemeriksaan Paru-paru.
  5. Pemeriksaan kecocokan donor yang ditinjau dari 3 aspek yaitu :
    - Kecocokan Golongan Darah.
    - Kecocokan Type Organ.
    - Pengecekan Tulang ke calon penerima donor untuk memastikan tidak adanya infeksi.
  6. Menjaga kesehatan fikiran dan tubuh.
  7. Mengkonsumsi obat sesuai yang dianjurkan.
  8. Diet dan melakukan pedoman olahraga.
  9. Jagalah semua janji dengan tim perawat.
  10. Istirahat cukup.
  11. Menjaga emosional.
  12. Bila harus menunggu yang mendonorkan ginjal pastikan tim medis anda mengetahui cara menghubungi pasien setiap waktunya.

About the author

Seorang Newbie di dunia marketing online, yang selalu berusaha untuk menjadi yang baik dari yang terbaik.

0 komentar: